29 Juli 2010

BELAJAR MALU KEPADA ALLAH




"Allah mempunyai sifat maha melihat {as-Sama'} dan maha mengetahuia {al-'Alim} Tak ada yang tidak terlihat oleh Allah baik yang nampak ataupun yang tidak nampak, segala sesuatu yang ada di jagad raya ini ada dalam pengawasan Allah swt, daun kering yang jatuh dari rantingnya saja tidak luput dari pengawasan Allah apalagi manusia. Tidak ada tempat di jagad raya ini yang bisa di jadikan tempat untuk bersembunyi dari penglihatan Allah, segala tingkah laku kita selalu dalam pengawasan dan kendali Allah swt. Tak ada sesuatu yang tidak Allah ketahui baik yang dzahir maupun bathin, bahkan Allah juga tahu segala isi fikiran kita dan rahasia hati kita, begitu juga dengan makhluq Allah yang lainnya. Allah juga mengetahui kebusukan hati kita, begitu juga dengan kebaikan kita, Allah juga mengetahui segala tipu daya kita dan segala yang ada pada manusia dan seluruh makhluq.

Banyak manusia yang tidak "SADAR" dengan keadaan ini, bahwa Allah senantiasa mengawasi dan melihat tingkah laku manusia yang semakin lama semakin "LANCANG" dan berani terhadap Allah, apakah tidak sadar kalau waktu kita berbuat MAKSIAT dan perbuatan dosa lainnya itu dalam pengawasan Allah..?

Semakin TUA semakin memperparah kelancangannya terhadap Allah, banyak kita lihat orang tua dan remaja berlomba-lomba dalam berbuat MAKSIAT terhadap Allah, apakah mereka menyangka bahwa Allah tidak melihat atau lalai..? atau menyangka Allah tidur..? Astaghfirullah...

Apakah kita tidak tahu siapakah diri kita yang sebenarnya..? manusia dengan bangga mendabik dada penuh kesombongan, congkak dan angkuh. yang kaya sombong dengan kekayaannya, yang pintar sombong dengan kepintarannya, yang kuat sombong dengan kekuatannya, yang berkuasa sombong dengan kekuasaannya, yang cantik sombong dengan kecantikannya, yang berilmu sombong dengan keilmuannya dsb..
Padahal penciptaan manusia hanya dari setetes air yang menjijikkan, lantas setelah Allah menyempurnakan kejadian manusia serta merta menjadi sombong, Mun tak engko' sapa..? atau lupa..! atau pura-pura lupa..? Ingatlah wahai manusia...! siapakah kita sebenarnya..? tanpa kasih sayang Allah akan jadi apa kita ini..? kalau seandainya Allah sudah tidak mau tahu dengan nasib kita, bagaimana nasib kita..? atau Allah menonaktifkan salah satu organ tubuh kita..? pernahkah kita membayangkah hal-hal seperti ini..? Ingatlah...! kajilah siapa kita sebenarnya..

Ahli hikmah mengatakan: "KENALILAH DIRIMU MAKA ENGKAU AKAN MENGENALI TUHANMU"
Inti dari segala ke lancangan manusia adalah karena ia belum mengenal jati dirinya apalagi mengenal Tuhannya, sehingga tidak merasa bahwa Allah selalu mengawasi segala perbuatan manusia, akibatnya tidak adanya rasa "MALU" kepada manusia apalagi kepada Allah 'azza wa jalla.

Semoga Hidayah Allah selalu dicurahkan keseluruh ALAM dan seluruh ummat manusia. amin... Wallahu a'lam bissawab..

kirimkan opini dan komentar anda mengenai tulisan saya di atas.
By sabdha

1 komentar:

  1. Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillah, Lahawlawala quwata ILLA BILLAHIL 'ALIYYIL 'ADHIIM, http://maufiroh.blogspot.com * * http://juhawito.blogspot.com

    BalasHapus